Thursday 22 October 2015

tutorial membuat photo menjadi seperti planet (tiny planet) dengan google camera

haloooowwww everybodyy udah lama gak buat postingan di blog tercinta ini, kali ini mimin akan sedikit berbagi tentang photography atau dunia perpotoan hehe kali ini mimin akan membahas tentang photo TINY PLANET, apa itu tiny planet? check this out...
tiny planet
keren bukan!!! buat yang belum tau intu photo rumah mimin hehe, tiny planet adalah sebuah karya photography yang membuat photo panorama 360 derajat yang lalu dirubah menjadi tampilan seperti planet #cmiiw. mimin awal taunya dari grup "Xiaomi Photography Indonesia" kok mimin lihat lihat keren lalu mimin coba baca baca dan menyelam postingannya nemu deh gimana cara buatnya, awalnya sih mimin mikir "nih photo buatnya gimana ya kok bisa kayak gitu, pakek fish eye super kali" haha ternyata buatnya cukup sederhana dan gak terlalu ribet.

disini mimin hanya menggunakan kamera HP aja kok yaitu Xiaomi Redmi 2 dengan resolusi 8MP dan dibantu dengan aplikasi yang namanya "GOOGLE CAMERA" yang bisa kalian download di playstore, ukurannya gak terlalu gede kok kalo gak salah sih sekitar 23mb an lah.
google camera
 oke gak perlu berlama lama karena kalian juga pasti langsung baca bagian step-step nya haha, langsung aja ini caranya :
1. kalian buka aplikasi google camera yang udah kalian download tadi.
2. nah selanjutnya kalian pasti akan disuguhkan tampilan kamera langsung seperti ini, pilih "Photo shpere" karena kita akan membuat gambar 360 derajat.
photo sphere
 3. selanjutnya kita buat photo 360 derajat, apa itu maksudnya? kalo yang belum tau untuk membuat photo tiny planet kita butuh photo yang di ambil dari segala sisi yang kalo bisa dibilang kita buat photo bulat kayak bola dunia gitu dari bawah, samping, sampek atas. kalian hanya perlu photo pada bagian yang ada lingkaran birunya. inget yang semua lingkaran birunya harus kefoto dan usahakan presisi agar hasil photo gak ada yang blur atau goyang.
ikuti petunjuk

4. jika semua lingkaran biru telah difoto maka gambar akan menyimpan dan akan menjadikan satu semua foto foto tersebut dan selanjutnya akan di proses untuk menyatukan semua foto menjadi seperti gambar di bawah ini. (oh iya untuk melihat galeri atau gambar yang telah terbuat kalian bisa geser/usap layar ke kiri). kayak foto panorama kalo dilihat tapi ini lebih melengkung dan lebih luas.


hasil photo sphere

5. tahap selanjutnya yaitu mengeditnya menjadi tiny planet, sederhana kok caranya kalian tinggal pilih gambar pensil lalu muncul pilihan "buat tiny planet" dan "editor foto" kalian pilih yang buat tiny planet karena kita akan membuat photo tiny planet.
pilih tiny planet

6. nahhh udah muncul gambar seperti planet kan hasil poto kalian, sekarang kalian bisa mengeditnya gimana bagusnya di kecilkan atau di besarkan dan juga kalian bisa memutarnya untuk mendapatkan sudut pandang yang enak di pandang mata.
edit jadi tiny planet

7. selanjutnya kalian tinggal klik "buat tiny planet" dan gambar akan tersimpan di galeri....

mudah bukan membuat foto tiny planet hehe, buat yang masih bingung bisa bertanya ke mimin melalui fb yang tersedia di pojok kanan atas insyaallah mimin akan bantu sampek bisa :D hehe. sekian postingan kali ini semoga bermanfaat bagi kita semua dan akhir kata wasalamualaikum wr wb.

19 comments:

  1. Makasih gan sangat membantu :)

    ReplyDelete
  2. min, saya kok gak bisa ya setelah sampai step no. 5 yg pilih gambar pensil tp gak ada pilihan buat tiny planet nya.
    tolong di bantu min.

    ReplyDelete
    Replies
    1. foto agan kayaknya masih jadi panorama bukan photo sphere karena agan belum ambil semua gambar lingkarannya, ingat gan fotonya itu semua lingkaran yang ada dari kiri-kanan-atas-bawah. gambar otomatis akan mensave jika semua sudah keambil dan masuk ke galeri

      Delete
  3. Saya udah buat 360 drajat masih gk ada tulisan tiny planetnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saat udah jadi photo sphare foto akan menyimpan otomatis dan akan bisa di edit di jadikan tiny planet, dan jika sudah benar akan bisa muncul pilihan "buat tiny planet" pada bagian pensil

      Delete
  4. thanks akan saya coba gan

    http://sesaksoft.com

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. berarti masih ada foto yang belum keambil, jika hitam di tengah berarti bagian bawah belum semua terfoto, jika bagian hitam ada di luar lingkaran berarti yang belum kefoto bagian atas

      Delete
  6. minim persyaratan untuk google camera apa ya? soalnya mau saya perbarui tapi katanya tidak kompatibel

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya gak ada gak pokok hp ada kamera dan sensor gyro

      Delete
  7. Caranya biar nyatu semua/g nge blur gmana

    ReplyDelete
  8. min kok di hp samsung saya gak bisa ya, apa harus hp xiaomi??

    ReplyDelete
  9. Google cameranya versi brapa ?? Sya download kok ga ada foto sphare

    ReplyDelete
  10. Harus marshmellow ya kalo mau pake nih Google Camera?

    ReplyDelete
  11. marsmellow utk google cam terbaru. kk pake 2 versi sebelumnya

    ReplyDelete
  12. Di playstore google kamera gaada

    ReplyDelete
  13. Sipp. keren sangat membantu gan

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete