Saturday 3 September 2016

Belajar Bahasa Inggris : Simple Present Tense

Assalamualaikum brothers and sisters kali ini mimin akan berbagi kepada kalian sedikit ilmu  yang mimin dapet dari hasil bertapa selama 7 bulan di kampung inggris, check this out
simple present tense
banyak yang bilang belajar Grammar itu gak menyenangkan dan gak penting karena yang penting bisa ngomong bahasa inggris lancar udah masalah kelar, dan mimin dulu juga mikirnya gitu belom mulai udah mikir kalo grammar itu susahlah, gurunya pasti killer yang suka bikin deg-degan bukan karena cinta tapi karena disuruh maju kedepan, ngebosenin. tapi ternyata semua itu salah "kecuali yang grammar itu susah mungkin karena mimin LOLA dan males apalan"


Menurut mimin Grammar itu susah kayak fisika tapi dalam bentuk bahasa yang ada rumus-rumusnya ditiap gigitannya eh maksudnya ditiap ucapannya. masih inget mimin awal belajar bahasa inggris tiap Oral Exam (ujian secara lisan) selalu salah semua dan itu gak 1 atau 2 kali tapi hampir dari awal masuk sampek 3 bulan dan baru bener pas waktu Oral Exam terakhir alhamdulillah rekor terpecahkan. tapi gak masalah namanya juga orang belajar ya wajar salah kan tapi juga gak salah tiap hari juga haha, gini bro salah itu Halal hukumnya karena dengan salah kita jadi tau mana yang bener dan mana yang harus di perbaiki.

udah dulu ngebacotnya kita langsung ke pokok pembahasan biar kaliaan gak keburu ngantuk baca nih blog yang udah mulai tumbuh lumut dimana-mana. 

Simple Present Tense

ini merupakan tense pertama dari 16 tenses, tenses ini digunain waktu sekarang atau saat kita melakukan suatu aktifitas mangkanya di sebut Present. dan juga digunakan untuk menunjukan kebenaran umum dan aktifitas yang sering dilakukan (habitual). buat gampang mahaminnya mimin kasih cara penggunaanya :


Rumus Simple Present Tense Pada dasarnya Simple Present terbagi menjadi dua type yaitu VERBAL dan NOMINAL.
Verbal : digunakan untuk membuat kalimat yang terdapat Kata Kerja (Verb) didalamnya atau kalimat yang menunjukan suatu aktifitas pada saat sekarang.
Nominal : digunakan untuk membuat kalimat yang terdapat Adjective, Noun, Adverb atau biasa disingkat ANA.

Subject dan Auxilary

DO DOES
I He
You She
We It
They John(Nama)
People(plural) teacher(profesi)
Rumus Simple Present (VERBAL)
(+) S + V (s/es) + O
(-) S + Do/Does + Not + V + O
(?) Do/Does + S + V + O ?
(-?) Do/Does + Not + S + V + O ?
Yes, S + Do/Does
No, S +  Don't/Doesn't

PENJELASAN : 
(+) jika pada kalimat positif subject merupakan singular(tunggal) maka harus di tambahkan S pada akhir kata Verb-nya contoh : gets, swims, throws, goes,washes. nah untuk penambahan s/es juga ada aturannya sebagai berikut :

1. Kata kerja yang langsung ditambah "S"
contoh : opens, looks, puts, takes, listens, visits, makes, beats, fights, cooks, pulls, etc.
2. Penambahan "ES" pada kata kerja yang berakhiran S, SH, CH, X, O
contoh : passes, crosses, finishes, catches, boxes, pushes, teaches, fixes, does, goes, misses, washes, watches, etc.
3. Kata kerja yang berakhiran "Y" dan sebelum huruf "Y" adalah huruf konsonan(huruf mati/bukan vokal) maka di tambah "IES"
contoh : fries, tries, cries, dries, flies, etc.

contoh:
(+) she cries because of her boyfriend.
(+) I read news from many blogs.
(+) the students come very late every monday.

(-) pemilihan DO/DOES tergantung subjek yang di pakai, jika yang di pakai singular(tunggal) maka gunakan DOES + not = DOESN'T, dan jika plural(jamak) maka gunakan DO + not = DON'T sebelum kata kerja. PENTING!jika pada kalimat negatif menggunakan DOESN'T maka pada Verb tidak perlu di tambah S/ES lagi alias di hilangkan.
contoh :
(-) pevita doesn't sing a song in her bedroom.
(-) they don't do their homework from their teacher.
(-) dog don't eat vegetable.

(?) untuk kalimat INTROGATIVE atau kalimat tanya (apakah, apa) kita hanya perlu memindahkan DO/DOES ke depan sebelum subjek dan jangan lupa beri tanda tanya pada akhir kalimat tanya.
contoh :
(?) Do you remember me?
(?) Does she love him?
(?) Do students study everyday?

(-?) ini merupakan kalimat negatif introgative yang artinya (bukankah, tidakkah). untuk penggunaan kalimat ini sama seperti introgative yaitu tinggal memindahkan kata DON'T/DOESN'T kedepan subject, atau atau pindahkan DO/DOES kedepan subject dan taruh NOT setelah subject,
contoh :
(-?) Don't you like this book?
(-?) Doesn't she bring your pen?
(-?) Doesn't Miss mila teach us in the class?

yes/no answer untuk jawaban kita hanya perlu menambahkan do/does/don't/doesn't setelah setelah subject
contoh :
(?) do you bring a book today?
yes, I do
no, I don't
(?) does their father read a newspaper?
yes, he does
no, he doesn't but he read a book
(?) do they play foot ball in a field?
yes, they do
no, they dont but they play foot ball in a yard

Rumus Simple Present (NOMINAL)
(+) S + am/is/are + ANA(Adjective, Noun, Adverb) + O 
(-) S + am/is/are + Not + ANA + O 
(?) am/is/are + S + ANA + O ?
(-?) am/is/are + Not + S + ANA + O ?
Yes, S + am/is/are
No, S +  am/is/are + Not

Penjelasan :

(+) sebenarnya sama seperti yang SPT Verbal bedanya cuma disini tidak terdapat suatu aktifitas atau tidak ada kata kerjanya jadi pada auxilary di ganti am/is/are. dan apa itu adjective, noun, adverb disini? oke ayo kita bahas satu persatu. Adjective adalah kata sifat biar gak bingung contohnya aja langsung kayak good, honest, faithfull, greedy, bad, smart, clever, stupid, diligent, etc. selanjutnya yaitu Noun, Noun adalah kata benda kayak chair, car, bike, cycle, pen, eraser, book, paper, t-shirt, etc. Dan yang terakhir yaitu adverb, Adverb adalah kata keterangan kayak here, there, on the street, in a class, at bec, at brawijaya street, at market, in my heart, etc.
contoh :
(+) jono is a student.
(+) elephant is an animal.
(+) I am in a class with you. 
(-) sedangkan pada kalimat negatif kita tinggal nambahin NOT setelah auxilary nya. perubahan/penyingkatan saat auxilary ditambah not:
am + not = amn't
is + not = isn't
are + not = aren't
contoh :
(-) teacher isn't a police
(-) they aren't my friends
(-) that books aren't mine

(?) untuk merubah menjadi kalimat introgative kita hanya perlu memindahkan auxilary kedepan subject dan artiny sama yaitu "apakah..."
contoh :
(?) are you a new student?
(?) is your father in house now?
(?) are we free from your punishment?

(-?) kalimat negative introgative disini hampir sama kayak kalimat introgativenya yaitu kita tinggal mindahin si auxilary kedepan subject agar bermakna "bukankah...tidakkah..."
contoh :
(-?) isn't your car in a garage?
(-?) aren't they player from England?
(-?) isn't surfing dangerous sport?


yes/no answer disini kita cuma nambahin auxilary setelah subject
contoh :
(?) are you stupid?
yes, I am
no, I am not
(-?) isn't my car cool?
yes, your car is cool
no, your car isn't cool
(?) am I handsome?
yes, you are
no, you aren't but you are cute

gimana udah paham atau masih bingung dengan penjelasan mimin mengenai simple present tense? kalo masih bingung kalian bisa tanya di komentar atau tanya langsung di fb mimin yang insyallah jika mimin bisa jelasin pasti ntar mimin jawab, dan jika dalam tulisan mimin ada kesalahan mohon koreksinya karena mimin juga masih belajar mengenai bahasa inggris hehehe

akhir kata dari mimin wasalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh......






No comments:

Post a Comment