Wednesday 31 August 2016

Cara menyambung kabel (RECAB) Earphone/Headset yang putus dengan alat seadanya

Pagi para jomblo dimanapun kalian hidup gimana kabarnya? masih kuat kan menghadapi dunia yang keras? hahaha becanda bro. pada postingan kali ini mimin akan membagikan sedikit pengetahuan hasil eksperimen kemarin yaitu menyambung kabel earphone/headset yang putus, inget bukan CINTA yang putus tapi KABEL earphone, karena kalo cinta yang putus kalian salah tempat  banget malah baca postingan ini yang bakalan bikin kalian tampah patah hati haha. oke gak perlu banyak micin langsung ke penjelasannya,
Headset Asus KW
kabel di earphone emang sangat gampang sekali putus karena kabel/tembaga yang berada di dalam cuma terdiri beberapa helai, naahh karena putusnya si kabel ini kadang bikin kita jengkel banget karena bakalan bikin headset kita mati sebelah, bass/treble tidak keluar atau malah mati total. kalo kalian punya banyak duit sih enak tinggal beli lagi naahh bagi yang gak punya duit buat beli , beli paketan aja kudu puasa senen kemis kayak mimin gini apa gak sedih alat bantu nonton JAV video jadi berasa kurang feel nya.

Earphone mimin kemarin putus kabelnya pas bagian (itu yang ada tombol buat angkat telp tau namanya apaan) karena mimin udah gak kuliah jadi rada bingung mau di benerin dimana soalnya biasa yang benerin temen mimin Si Rijal, walhasil ya mimin biarin mangkrak di kotak doraemon selama berbulan-bulan. dan karena di kamar cuma ada Headset sades sa-901 yang colokanya usb jadi gak bisa deh dengerin musik lewat hp kudu buka laptop kalo mau dengerin lagu-lagu gitu.

Awalnya mimin ragu karena dulu pernah benerin headset sendiri bukannya malah bener tapi malah gak bisa di pakek sampek sekarang hahaha, tapi setelah dipikir-pikir buat apaan juga kalo gak di coba toh juga udah rusak ya dirusakin aja sekalian. okeeee cukup ceritanya dan curhatnya langsung ke alat dan tutorialnya.

Alat yang perlu disiapin yaitu :
  • gunting
  • silet/cuter
  • isolatip/selotip/solasi/lem/kalo gk punya nasi juga boleh 
  • karet gelang
 langkah langkah perbaikan :

tombol buat angkat telp
1. buka bagian penutup (yang tadi tombol buat angkat telp)
masalah yang mimin temuin di earphone mimin yaitu kabel kuning yang putus pada bagian ini jadi mimin putuskan buat potong semua kabel dan buang tuh tombol dan segala keribentannya.
Putus dan terbuang
2. buka pembungkus kabel
selanjutnya yaitu buka bungkus kabel yang berupa karet tersebut kira-kira aja berapa cm, jangan panjang dan jangan pendek karena kita bakalan kesusahan juga kalo kependekan saat nyambunginnya dan kalo kepanjangan mubadzir juga. buat cara bukanya pertama belah dulu tuh karetnya terus potong bagian samping tapi ati-ati jangan sampek malah motong kabel/tembaganya.
3. buka pelindung dengan cara di kerok
setelah karet masih ada lagi pelindung nya si tembaga yaitu lapisan cat nah untuk ngilanginnya sih gampang tinggal kerok aja tuh kabel dengan silet atau cuter, kerok sampai ilang lapisannya dan keliatan warna tembaganya tapi ati ati jangan kasar atau berlebihan karena nih kabel headset gampang banget putus jadi penuh perasaan gosoknya biar sempurna hahaha.
4. sambungin tuh kabel yang ada
tahap terahir yaitu nyambungin kabel kabel yang udah kita potong tadi, disini bakalan ada 4 kabel yang dari jack earphone yaitu merah, kuning, hijau, biru sedangkan kabel yang berada dari sound ada 2 yaitu kuning dan biru. mimin dapet teori konspirasi penyambungan kabel ini dari temen mimin Si Rijal yaitu KUNING di gabung dengan kuning semua (ada 3 kabel), trus BIRU di gabungin sama yang Biru(ada 3 kabel) nah kan ada si sa kabel 2 yaitu kabel hijau sama merah itu gimana? mimin juga kurang tau nih fungsinya buat apaan tapi udah mimin coba gak ada pengaruhnya juga si merah sama ijo kalo gk di sambungin (malah enakan gk disambungin, pas mimin sambungin malah bass kurang berasa).
5. langkah terakhir
pada langkah terakhir rapihin tuh kabelnya dengan di pilin jadi satu yang kuning sama yang kuning dan biru sama yang biru dan yg merah sama ijo di pisahin aja, trus jika udah tinggal kita iket jadi satu biar gak gampang putus atau copot lagi tuh sambungan pake selotip, jika kurang kuat bisa tambahkan karet gelang untuk menambah ketampanan hahaha. setelah itu testing bunyinya gimana kalo masih kurang enak coba cari kombinasi kabel yang pas dengan earphone milik kalian.

sekaian dulu tutorial cara recab/nyambungin kabel earphone/headset semoga bermanfaat dan mudah dipahami. mimin mau pergi cari kerjaan dulu chhhhawwwwww....

1 comment: