Wednesday, 1 April 2015

cara mengganti ban dalam sepeda fixie dengan alat seadanya

sudah laaammmmmaaa sekali mimin gak post di blog tercinta ini karena internet, kuliah, duit dan banyak masalah lainnya yang membuat mimin gak sempet buat nyentuh PC.
ban

oke kali ini mimin bakal share tutorial berhijab,,,,, ehhhh maksudnya ganti ban dalem sepeda fixie sampek salah ketik karena kelamaan gak bikin post
. tapi ini bukan tutorial yang kayak di youtube yang pakek alat alat canggih dan sesuai standar kali ini mimin hanya akan menggunakan beberapa alat sederhana yang sebenarnya bukan peruntukkan nya.
  1. alat yang pertama yaitu engkol/kunci/atau semacamnya untuk melepas baut, udah pada tau kan yang mana, nah untuk ukurannya pakek yang pas jangan yang longgar karena bisa berakibat kerusakan pada (drat/uliran) baut ataupun as nya. dan jangan pakek yang kecil karena yang jelas pasti gak muat haha.
  2. garpu/sendok karena mimin gak punya alat yang digunakan buat nyongkel ban luarnya jadinya mimin menggunakan alat seadanya yaitu garpu. untuk garpunya bisa gunakan yang berbahan agak tebal biar gak bengkol pas waktu buat nyongkel ban luarnya. disini mimin pakek garpu jaman dulu yang udah jarang kepake yang pada ujung gagangnya agak bengko sehingga bakalan lebih memudahkan buat nyongkel si ban luar
garpu multi fungsi
 oke step stepnya yaitu
  1. pertama lepas ban dari garpu/rangka biar lebih memudahkan kita waktu mau ngeluarin si ban dalam
  2. kempesin ban biar pas waktu mau ngeluarin gampang
  3. lepas baut yang ada pada (cop-copan/pentil) karena kita akan mengeluarkan ban dalamnya
    pentil/dop
  4. selanjutnya congkel ban luar dengan menggunakan garpu/sendok yang udah di siapkan tadi dengan cara tancapkan garpu di antara sela sela velg dan ban luar dengan kedalaman 1-2cm dan jangan terlalu dalam karena akan merusak si ban dalam dan jangan terlalu dangkal karena akan sulit mencongkelnya. nah keuntungan menggunakan garpu yang ujungnya bengkok tadi yaitu garpu akan lebih mudah mengait ban luar sehingga mudah untuk di congkel
    masukkan garpu
  5.  nah langkah selanjutnya yaitu cobalah untuk mencongkel ban luarnya dengan garpu tapi perlahan lahan agar tidak merusak velg jika dirasa berat atau sulit cari posisi lain yang kiranya lebih mudah untuk di congkel. nah gunanya mengunakan 2 garpu disini, disaat garpu 1 berhasil mencongkel jangan segera melepas garpu tersebut biarkan garpu tersebut tetap menancap untuk menahan ban luar agar tidak kembali kedalam lagi. setelah itu garpu 2 tancapkan lagi ke ban lalu congkel lagi, lakukan tahap ini berulang ulang hingga keseluruhan ban sudah lepas dari velg
    congkel pake garpu
  6. langkah selanjutnya keluarkan ban dalam yang sudah terlihat, alasan mimin ganti ban dalam disini karena ban lama mimin ternyata udah bocor dan tipis lebih ngenes nya boconya itu sobek sehingga gak mungkin untuk di tambal lagi huwwaaaa
    lepas ban dalam
  7. siapkan ban baru yang akan digunakan untuk mengganti ban lama yang telah rusak, untuk harga ban dalam sangat bermacam macam tergantung merk, ukuran panjang pentil, dan lokasi agan beli. di kota mimin KEDIRI mimin beli ban dalam harganya 20rb merk DELI di toko sepeda 20 pasar pare. murah gak nya sih gak tau soalnya mimin gak pernah beli di toko lain dan jenis yang lain
  8. ini tahap yang cukup penting pada saat mengganti ban dalam yaitu saat memasang kembali ban dalam baru ke velg kenapa penting? karena pada tahap ini akan menentukan posisi ban dalam sudah benar pada posisinya atau bakalan miring. langkah pertama yaitu tancapkan terlebih daulu bagian pentil ban kedalam lubang pentil yang ada pada velg ini bertujuan agar posisi pentil tidak miring yang bisa berakibat pada cepat robeknya bagian ban dalam yang berada di bagian sekitaran pentil. selanjutnya masukkan ban dalam kedalam ban luar lalu tata agar ban tidak melintir atau terlipat.
    pentil FIRST
  9. langkah selanjutnya pasang kembali ban luar ke velg dengan perlahan jika kesulitan gunakan bantuan pengungkit atau garpu tadi
  10. jika ban sudah terpasang coba pompa ban tapi jangan keras keras karena keadaan ban masih baru, setelah itu kempes kan lagi ban nya lalu tekan tekan ban luar secara merata agar jika ada ban dalam yang terlipat bisa berada pada posisi yang pas. jika sudah pompa lagi sampai dikira cukup.
  11. dan wala ban kembali siap di pasang di sepeda :D dan siap buat gowes lagi
    ban baru
    sekian tutorial belajar jadi tukang tambal ban dadakan haha semoga bermanfaat bagi kita semua aminn

3 comments: