Friday 19 June 2015

tips saat akan melakukan perjalanan jauh (touring) di malam hari

mimin share tips ini berdasarkan pengalaman nyata mimin pas kemarin touring ke pantai lenggoksono malang selatan yang perjalanannya dimulai dari pare, perajalanan dimulai dari pare jam 22:00 malam tujuan mimin dan temen temen disini berangkat jam segitu karena biar sampek pantai pas subuh lah sebelum matahari terbit biar bisa sampek sana lihat matahari terbit.
coba tebak mimin yang mana
perkiraan awal perjalanan bakalan butuh waktu sekitar 6 jam buat sampek ke tujuan, tapi namanya juga rencana banyak kendala dan masalah waktu di jalan dari situlah mimin dapet banyak pelajaran tentang suka dukanya kalo melakukan touring pada malam hari berikut adalah suka duka kalau melakukan touring malam hari 

sukanya kalo touring malem hari :
  1. jalanan sepi karena malem hari, ini nih mungkin keutamaan kenapa banyak orang melakukan perjalnan jauh pada waktu malem hari yaitu jalanan bakalan sepi jadi kayak jalan milik sendiri bebas deh mau seberapa kenceng haha, tapi ati ati ya bro kebanyakan biker tergoda dengan jalanan sepi lalu bejek gas poll pollan yang pada akhirnya dapat membahayakan bikernya sendiri dan juga orang lain.  ingat tujuan kita melakukan perjalnan itu adalah untuk selamat sampai tujuan bukan kebut kebutan di jalan.
  2.  tidak terjadi macet, ya jelas gak macet lah lhawong jalan nya aja sepi haha lampu merah juga nyala cuma kuning yang artinya jalan pelan pelan gak pernah tuh mimin temuin lampu merah pas waktu tengah malam-dini hari nyala merah kuning ijo, tapi tetep kudu waspada ya broo waktu di lampu merah bunyi in klakson kalau perlu biar kalo ada biker lain dari arah yang berbeda juga tau.
dukanya kalo touring malem hari :
  1. cuaca yang dingin, ini nih yang paling gak mimin kuatin kalo melakukan perjalanan waktu malam hari yaitu suhu yang dingin bangettt asli deh sumpah mungkin karena embun malam hari mulai turun mangkanya jadi dingin banget.
  2. rawan terjadi kejahatan, mimin juga sebenernya was was kalo perjalanan malem hari takut kenapa kenapa kan sekarang lagi musim begal begal gitu.
  3. jalan tak seperti kelihatannya, lohhh maksudnya gimana nih? kita hidup di dunia kan gak sendiri bro ada makhluk lain selain kita, ada yang baik dan ada yang jahat buat antisipasi kalo kita mau kemanapun jangan lupa untuk berdoa dan di sepanjang jalan sebaiknya juga kita tetap berdoa agar kita di jauhkan dari segala macam ganguan dan selamat sampai tujuan.
  4. jarang ada orang di jalan, kalo melakukan perjalanan jauh sebaiknya cek rute yang bener lewat mana atau kalau gak tau coba bawa maps karena waktu kita melakukan perjalanan malam hari bakalan jarang kita temuin orang yang ada di pinggir jalan nah kalo kita gak tau jalan mana yang benar kan susah mau tanya siapa, maka dari itu ada baiknya kita bawa maps atau gps kalo biar ada panduannya.
  5. toko pada tutup, kalo perjalanan jauh usahain bawa bekal ya bro karena kebanyakan toko pada malem hari pada tutup bakalan susah kalo kita kelaparan karena gak ada toko yang buka, tapi sekarang sih kayaknya udah enak karena ada yang buka 24jam kayak INDOAPRIL, ALF*MART.
  6. gak ada tukang tambal ban dan bengkel yang buka 24 jam, ini nih yang paling ngeri kayaknya kalo motor kita macet atau bannya bocor di tengah jalan karena pada malam hari gak ada bengkel dan tukang tambal ban yang buka jadi musti hati hati kalo di jalan kalo bocor atau macet usahaain cari tempat yang rame atau terang terlebih dahulu untuk menghindari tindak kejahatan.

tips buat kalian yang akan melakukan perjalnaan jauh pada malam hari
  1. pakai perlengkapan berkendara sesuai standar seperti : helm, jaket, celana panjang, hand glove (sarung tangan), sepatu, kalo perlu pakai body protector biar lebih safety.
  2. bawa jas hujan, ini sangat penting karena kita gak pernah tau kapan hujan itu akan turun dan juga di sini jas hujan juga ada manfaatnya pas kalian berkendara bisa kalian pakai untuk menhindari angin yang masuk kedalam jaket karena jas hujan bersifat wind braker atau mencengan angin masuk sehingga agan akan terasa hangat dan tidak kedinginan lagi biar deh dikira kita aneh penting gak masuk angin haha, dan juga untuk menangkis embun pagi hari mennn agar baju kita gak basah sehingga malam bikin makin dingin.
  3. pake shall atau kalo gak punya pake kain yang bisa menutupi leher kalian sehingga tetep hangat waktu di perjalanan, dan juga buat antisipasi kalo ada benang di jalan bekas layangan atau emang pasangan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
  4. usahakan jangan berkendara sendiri cari partner atau berangkatnya rombongan biar waktu ada masalah di jalan ada yang bantuin.
  5. minum obat anti masuk angin, ini penting agar badan kita tetep hangat waktu perjalanan dan menghindarkan kita dari masuk angin di tengah perjalanan yang bisa bikin mules atau pala pusing.
  6. usahakan pakek sarung tangan yang full agar tangan gak kedinginan dan juga pakek yang gak bolong bolong biar angetnya maksimal hehehe.
  7. nahh ini ni yang paling penting kalo capek dan ngantuk istirahat dulu jangan paksaain kondisi badan yang tidak memungkinkan ntar malah membahayakan diri sendiri. istirahat di mushola atau masjid biar lebih aman.
  8. cek kondisi kendaraan agan agan sekalian sebelum melakukan perjalanan jauh agar tidak terjadi troubel di tengah perjalanan, pastikan fitur utama yaitu lampu dalam kondisi sehat wal afiat karena kalo coid bisa berabe ntar.
mungkin sekian dulu tips yang bisa mimin kasih buat kalian yang akan melakukan perjalanan jauh semoga agan agan yang akan melakukan perjalanan jauh selamat sampai tujuan tanpa kurang satu apapun aminn ingat keep safety on the road karena keluarga menunggu dirumah.




No comments:

Post a Comment